Rabu, 11 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah
  Dasar dan Pengembangan kurikulum I-II”
Dosen pengampu : Drs. Wahyudin Zufri, M.Pd

Disusun Oleh :
Khusnul Khotimah (40210064)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
( STKIP ) ISLAM BUMIAYU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester                           : III/1
Alokasi Waktu                            : 2 X 35 menit

Standar Kompetensi                  : Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda, dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar                  :Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi   benda padat, cair, dan gas.
Indikator                               : - Mengidentifikasi sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
-          Membandingkan sifat benda padat, cair, dan gas
-          Membedakan sifat benda padat, cair, dan gas.

A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah siswa menempuh pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat:
  1. Membedakan berbagai sifat benda dengan benar
  2. Membandingkan sifat-sifat berbagai dengan benar.

B. Materi Pokok
Sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Demontrasi

D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal
·         Guru membuka pelajaran
Guru mengucapkan salam “Selamat Pagi” siswa menjawab “Selamat pagi bu”.
Guru menanyakan kesiapan siswa “Bagaimana kabarnya sudah siap kan menerima pelajaran hari ini?” kemudian siswa menjawab “Siap Bu guru”.
Sebelum pelajaran dimulai guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin do’a.
Guru mengabsen siswa dengan memanggil siswa satu persatu.
·         Apersepsi
Ø  Guru menanyakan pada siswa kalian pernah bermain-main di sungai? “benda apa saja yang dapat kamu temukan di sungai?” siswa menjawab ”Batu, pasir, air, udara, ikan”dll.
Ø  Guru berkata ”Hari ini kita akan mempelajari benda-benda yang kalian sebutkan tadi termasuk jenis benda apa?Apa ciri-cirinya?”
2. Kegiatan inti
·         Guru mengadakan demontrasi
a.       Benda Padat
Guru Menunjukan sebuah batu dan meminta siswa memperhatikannya. Batu tersebut di letakan di meja lalu guru bertanya ”apa batu ini bentuknya berubah?” siswa menjawab ”tidak”. Lalu guru memasukan batu tadi ke dalam toples bening guru menanyakan hal yang sama siswa menjawab ”tidak”. Lalu guru memindahkan batu yang sama ke dalam plastik dan guru bertanya kepada siswa ”apa bentuk batu ini berubah mengikuti bentuk plastik?” siswa menjawab ”tidak bu...”.
Guru berkata ”itulah salah satu sifat dari benda padat walawpun dipindah-pindan ke wadah yang berbeda ukuran benda tersebut tidak berubah.
b.      Benda cair
Guru menunjukan sebuah botol air mineral berisi air berwarna merah. Guru berkata “ coba perhatikan ini” Guru menuangkan air yang berada di botol tadi ke dalam gelas secara berlahan. Guru kembali bertanya apa yang terjadi pada air tadi? Siswa menjawab “bentuknya seperti gelas bu...”. Lalu guru menyuruh salah satu siswa maju ke depan untuk menuangkan air tadi ke dalam botol lalu guru menanyakan hal yang sama, siswa menjawab”jadi seperti botol bu” guru bertanya apa airnya berkurang?” siswa menjawab”tidak”.
Guru berkata “itulah salah satu sifat dari benda cair bentuknya berubah nengikuti Bentuk tempatnya
c.       Benda Gas
Guru menunjuk 2 anak siswa untuk maju kedepan dan membimbing mereka melakukan perobaan.
Guru menyuruh salah satu anak tadi meniup balon berwarna merah, dan satu anak lainnya memegag selang pelastik dan balon berwarna biru. Guru membimbing siswa untuk menyatukan balon tadi dan di antara balon tadi di beri selang plastik lalu di ikat dengan karet.
Guru menyuruh siswa memperhatikan kedua balon tersebut, dan mnunjuk siswa untuk menjelaskan apa yang terjadi pada balon tadi.
Siswa Menerangkan “balon merah yang tadinya besar menjadi lebih kecil dan balon biru yang tadinya kecil menjadi lebih besar”.
Guru menjelaskan Itulah salah satu dari sifat benda Gas menempati seluruh ruangan.
·         Siswa menyimpulkan hasil demontrasi dibimbing oleh guru
Guru bertanya ” Dari apa yang telah kita pelajari tadi ada yang bisa mnyebutkan Sifat dari ketiga benda padat yang telah kita pelajari?.
Siswa menjelaskan apa yang mereka mengerti:
Ø  Benda Padat
-  Bantuk benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya
- Benda padat dapat dikenali berdasarkan ciri khasnya, yaitu bentuk, warna,      bentuk permukaan benda, dan kemudahan untuk diubah bentuknya.
Ø  Benda Cair
- Bentuk benda cair dapat berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya
- Berbeda dengan benda padat benda cair dapat mengalir
Ø  Benda Gas
- Benda gas sifatnya menempati seluruh ruangan
- Sifat benda gas yang menempati seluruh ruangan, menyebabkan bentuk    
dan isi benda gas selalu berubah-ubah sesuai dengan wadah yang ditempatinya
- Tidak dapat dilihat
·         Guru menambahkan penjelasan agar siswa lebih memahami.
Dibanding benda lain, benda padat lebih mudah diamat. Berbagai benda padat memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan benda padat lain. Beberapa ciri yang membedakanya antara lain bentuk dan warna benda. Selain itu, saat diraba permukaan benda padat ada yang kasar dan ada yang halus. Saat di tekan ada benda padat yang berubah bentuk tetapi ada juga yang tidak.
Bentuk benda cair tidak tetap. Bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya. Jika benda cair tidak berada di dalam wadah, benda cair dapat mengalir. Inilah sifat benda cair lainnya yang membedakan dengan benda padat.Selain itu, benda cair memiliki kekentalan yang berbeda.
Benda gas selalu mengisi seluruh ruangan yang di tempatinya. Sifat inilah yangmenyebabkan, bentuk dan isi benda gas selalu berubah-ubah.

3. Kegiatan akhir
·         Guru memberikan Soal evaluasi dan menyuruh siswa mengerjakannya.
Ø  Soal evaluasi pilihan ganda
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling benar!
1.      Berikut ini yang termasuk benda padat adalah . . . .
a.       cuka
b.      bensin
c.       gelas
2.      Berikut ini yang merupakan benda cair adalah . . . .
a.       Kecap
b.      Gula pasir
c.       Gula merah
3.      Sifat benda yang berwujud padat adalah . . . .
a.       Bentuk berubah sesuai dengan bentuk wadahnya
b.      Bentuk tetap karena tidak mengikuti bentuk wadahnya
c.       Memenuhi seluruh ruang yang di tempatinya
4.      Dari kelompok-kelompok benda tersebut, benda yang berwujud cair adalah . . . .
a.     botol, air sirup, gelas
b.    minyak goreng, minyak pelumas, air ledeng
c.     madu, roti tawar, air teh
5.      Karena termasuk benda padat maka yang termasuk bukan sifat plastisin adalah . . . .
a.       tidak dapat mengalir
b.      dapat diubah bentuknya
c.       dapat mengalir
6.      Benda berikut ini yang dapat mengalir adalah . . . .
a.       bola
b.      kecap
c.       beras
7.      Kapur tulis mempunyai bentuk yang tetap walaw bwrada dalam wadah yangberbeda. Benda berikut yang mempunyai sifat yang sama dengan kapur tulis yaitu . . . .
a.       air
b.      krikil
c.       minyak
8.      Persamaan sifat antara benda cair dan gas yaitu . . . .
a.       sama-sama mempunyai bentuk sesuai dengan wadahnya
b.      sama-sama tidak terlihat
c.       sam-sama tidak berwujud
9.      Arah aliran benda gas yaitu . . . .
a.       dari tempat tinggi ke rendah
b.      dari tempat rendah ke tinggi
c.       ke segala arah
10.  Gas di dalam ban roda sepeda mempunyai
a.       balon
b.      ban roda sepeda
c.       bola

Ø  Soal evaluasi isay
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar
1.                                        Apa sarat agar air bisa mengalir?
2.                                        Mengapa tanah liat disebut benda padat?
3.                                        Sebutkan sifat-sifat benda padat dan contohnya?
4.                                        Bagaimana arah aliran benda gar?
5.                                        Tulislah sifat-sifat benda gas dan berikan contohnya?
·         Guru menutup pelajaran
Ø   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
Ø   Guru menutup pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar